Membuat Desain Perpustakaan Di Dalam Kamar


Membuat Desain Perpustakaan Di Dalam Kamar | Bagi Anda yang hobi membaca, memiliki perpustakaan pribadi di dalam rumah merupakan sesuatu yang sangat dinantikan. Namun ada kalanya perpustakaan di dalam rumah tidak memberikan privasi bagi pembaca. Inilah mengapa perpustakaan di dalam rumah seringkali ditempatkan di ruang keluarga atau ruang tamu.

Tak hanya itu, ada pula perpustakaan yang digabung dengan ruang bekerja sehingga membaca pun serasa seperti bekerja. Maka tak ada salahnya Membuat Desain Perpustakaan Di Dalam Kamar dan membuatnya berada di ruang yang lebih privasi.


Di samping itu, perpustakaan di kamar tidur juga dapat menjadi solusi bagi mereka yang ingin mempunyai perpustakaan kecil di dalam rumah tetapi mempunyai keterbatasan lahan. Mengingat harga lahan saat ini juga mahal, maka lebih baik membuat perpustakaan di dalam ruangan lain untuk menghemat biaya, seperti di kamar tidur. Dengan begini, ketika akan membaca pun penghuni tidak perlu pergi ke ruangan lain untuk mengambil buku.


Banyak sekali sudut di kamar tidur yang bisa digunakan sebagai perpustakaan. Misalnya di dekat ranjang atau bisa juga di atas ranjang. Lalu bagaimana jika ukuran kamar tidur cukup kecil bahkan untuk meletakkan rak buku saja membuatnya menjadi sempit? Berikut ini beberapa caranya yang bisa Anda jadikan sebagai referensi dalam membuat perpustakaan mini di kamar tidur.

Tentukan bagian mana dari kamar tidur yang ingin dibuat sebagai perpustakaan. Jika ruangannya cukup lebar, meletakkannya di pojok dekat dengan jendela dan sebuah sofa nyaman untuk membaca akan terasa lebih cocok. Tetapi jika ruangan kamar cukup sempit, maka rak melayang yang menempel di dinding akan lebih tepat. Anda juga bisa membuat rak di atas kepala tempat tidur sebagai referensi lain. 


Siapkan beberapa peralatan seperti paku dan palu. Bisa juga menyiapkan penyangga untuk rak buku melayang. Tetapi jika tidak ingin repot, panggil saja tukang untuk membantu memasang rak buku. Kemudian tentunya siapkan rak bukunya. Pilihlah rak buku yang sesuai dengan cat dalam kamar tidur. Misalnya kamar bercat biru cocok untuk rak yang dicat putih, kamar dengan warna coklat cocok menggunakan rak kayu, dll.

Sesuaikan juga dengan si penghuni kamar. Untuk anak-anak pilihlah rak buku yang tidak terlalu tinggi sehingga bisa dijangkau dengan mudah. Sedangkan untuk orang dewasa, selain ukuran tentunya desain yang bagus tentunya harus dipertimbangkan.


Ada banyak desain rak buku unik yang bisa Anda pilih. Salah satunya yakni yang modelnya open storage. Desain rak buku ini terbuat dari kayu dengan tebal kayunya sendiri sekitar 2 cm. Kedalamannya sekitar 20 cm, cocok untuk meletakkan buku-buku seperti novel. Rak buku ini berderet memanjang dengan jarak sekitar 25 cm, cukup besar untuk meletakkan koleksi buku-buku favorit. Menggunakan rak ini berarti bahwa kamar tidur tetap terlihat elegan dan mewah karena rak ini juga mempunyai desain estetis yang enak dipandang.

Rak buku ini juga dapat digantungkan dengan ambalan plafon yang disambungkan dengan plafon di atas tempat tidur sehingga terlihat menyatu.

Di samping dapat digunakan untuk meletakkan buku, rak seperti ini juga dapat digunakan untuk meletakkan barang-barang yang sifatnya dekoratif. Misalnya bingkai foto dll. Perpustakaan di kamar tidur akan menjadi semakin cantik dengan barang-barang ini.