5 Tips Dalam Memilih Floor Drain Yang Baik


5 Tips Dalam Memilih Floor Drain Yang Baik | Floor drain adalah salah satu bagian dari kamar mandi yang berfungsi sebagai tempat terbuangnya air. Floor drain biasa terletak di lantai kamar mandi. 

Floor drain memiliki fungsi sebagai penyaring benda-benda yang dapat menyumbat pipa sanitasi di kamar mandi. Benda yang biasa ditemukan tersaring oleh floor drain adalah sampah plastik, kumpulan debu bahkan rambut.

Selain untuk memperlancar aliran air melalui pipa, keberadaan floor drain juga berkaitan dengan faktor kesehatan. Agar Anda dapat menemukan floor drain yang tepat untuk kamar mandi, mari simak 5 Tips Dalam Memilih Floor Drain Yang Baik berikut.

Bentuk


Floor drain memiliki dua macam bentuk, yaitu lembaran dan mangkokan. Floor drain yang berupa mangkok memiliki daya saring yang kuat dan perawatannya relatif mudah dibandingkan dengan bentuk lembaran.

Jenis dan Ukuran Lubang


Jenis, ukuran lubang, dan tata letaknya yang berbeda-beda memiliki keunggulan masing-masing. Sebaiknya memilih floor drain dengan lubang penyaring yang banyak namun dengan lubang yang tidak terlalu besar agar kotoran dapat tersaring dengan baik.

Saringan Dua Tingkat


Produsen floor drain saat ini menawarkan alternatif solusi berupa saringan dua tingkat. Tujuannya adalah bila saringan pertama tidak dapat menampung kotoran, maka saringan kedua dapat menampungnya.

Memiliki Bola


Saluran yang terbuka bisa menjadi jalur masuknya binatang kecil ke area kamar mandi. Untuk itu pilihlah floor drain dengan bola di bagian dalamnya. Dengan bola tersebut, binatang kecil tidak dapat masuk ke dalam kamar mandi tapi air tetap bisa mengalir melalui saluran tersebut.

Mudah Dibuka dan tutup


Pilihlah floor drain yang tutupnya mudah dibuka-tutup agar mempermudah Anda saat akan membersihkannya. Jika saluran air tetap bersih, maka aroma tak sedap pun tidak akan muncul.

Anda dapat menempatkan toilet balls disekitar floor drain untuk mengatasi ruangan kamar mandi dari bau tak sedap.