Penyebab Kerusakan Mesin Pompa Air Di Rumah dan Cara Mengatasinya


Penyebab Kerusakan Mesin Pompa Air Di Rumah | Pasti mengesalkan jika saat sedang hendak memakai air, air malah tak kunjung keluar dari kran. Kerusakan mesin pada pompa air biasanya menjadi sebab utama mengapa air tak kunjung keluar dari kran Kamar Mandi.

Mesin pompa air yang rusak dapat disebabkan oleh banyak hal. Berikut adalah Penyebab Kerusakan Mesin Pompa Air Di Rumah :

Konsleting Motor Listrik

Salah satu komponen terpenting untuk menggerakan mesin pompa adalah motor pompa. Bentuknya berdinding besi dan mempunyai kumparan seperti dinamo berupa lilitan tembaga.


Walau memang motor pompa jarang mengalami kerusakan, namun saat rusak, benda ini akan lebih berbahaya dibandingkan dengan bagian lain. Kerusakan motor pompa dapat menimbulkan aliran listrik pada air. Bila Anda merasa mengalami sengatan listrik saat sedang mandi, hal ini dikarenakan Anda menggunakan aliran air langsung dari sumur ke keran tanpa ditampung di toren.

Klep Tidak Berfungsi


Apa yang dimaksud dengan klep? Klep adalah bagian pembuka dan penutup air secara otomatis yang biasanya dipasang pada pangkal pipa dalam air sumur. Jika klep ini mengalami kerusakan, tentu saja aliran air tidak akan tertarik ke keran bak mandi karena tidak mampu menyedot air dari dalam sumur.

Tabung Kemasukan Udara


Cara ini yang paling umum digunakan oleh kebanyakan orang. Anda dapat mengisi air sebagai pancingan. Jika memang tabung tidak bocor namun aliran air yang mengalir masih kecil, coba cek kembali klepnya apa berfungsi dengan maksimal.

Namun jika ternyata klepnya dalam kondisi yang normal, maka lakukan pemompaan pada tabung dengan motor pompa atau pompa secara manual hingga tekanan mencapai rata-rata 20 PSI (Pound per Inci persegi).

Pressure Switch non-grounding


Pressure switch merupakan alat yang digunakan untuk menyambung dan memutus aliran listrik. Alat yang berbentuk kotak mungil ini biasanya dilengkapi dengan kabel stop kontak. Pressure switch bisa rusak karena kabelnya putus atau ujung stop terbakar akibat terjadinya korsleting.