Tips agar Septic Tank Tidak Cepat Penuh


Tips agar Septic Tank Tidak Cepat Penuh | Septic tank berguna untuk menampung kotoran tinja yang dimiliki setiap Kamar Mandi rumah, hotel, dan apartemen. Sama seperti membangun tempat hunian, sebagai salah satu fasilitas penunjang kesehatan, pembuatan septic tank harus diperhatikan dengan seksama agar dapat bertahan lama dan berfungsi dengan baik.

Septic tank yang penuh akan membuat pemilik rumah kewalahan. Guna mengatasi septic tank yang sudah penuh, biasanya pemilik rumah menggunakan jasa sedot WC untuk membuat septic tank kembali kosong dan bersih.


Untuk menghindari pembersihan septic tank dalam jangka waktu yang terlalu cepat, Anda bisa membuat agar septic tank tidak cepat terisi penuh. Berikut Tips agar Septic Tank Tidak Cepat Penuh

Kemiringan pipa septic tank harus diperhatikan agar sirkulasi di dalamnya berjalan dengan baik. Kemiringan tersebut juga menentukan kelancaran proses pembuangan limbah.


Selisih antara kloset dengan permukaan bak septic tank haruslah besar. Kemiringan pipa minimal 2 persen, artinya setiap 100 cm panjang pipa terdapat perbedaan ketinggian sebesar 2 cm.


Gunakan saluran pipa yang tepat. Pipa yang baik biasanya adalah pipa PVC yang berukuran minimal 4 inci.


Jika rumah Anda memiliki banyak toilet, gunakanlah diameter pipa yang lebih besar dengan saluran pipa yang lurus tanpa belokan. Pipa yang memiliki belokan akan beresiko mengalami mampet.

Jika penghuni rumah berjumlah empat orang, gunakanlah septic tank berukuran 1,5 m x 1,5 m x 2 m dengan bak endapan dan sumur resapan sekitar 1 m x 1 m x 2 m.

Pilihlah bak septic tank yang kuat, tahan lama, dan kedap air. Dinding, dasar dan penutup bak utama harus kedap air juga agar kotoran yang ditampung tidak mencemari lingkungan.

Tambahkan kerikil atau pasir agar bak endapan dapat meresap dengan baik.