Tips Merawat Dan Membersihkan Kamar Mandi


Tips Merawat Dan Membersihkan Kamar Mandi | Kamar mandi bisa menjadi cerminan kesehatan dari sang pemilik rumah. Oleh karenanya, sangat penting untuk selalu menjaga kebersihan kamar mandi.

Berikut ini Tips Merawat Dan Membersihkan Kamar Mandi dengan cara yang alami termasuk ketika membersihkan tiap sudut kamar mandi

Dinding dan Lantai Kamar Mandi


Sisa air sabun yang dibiarkan lama menempel di lantai dan dinding kamar mandi dapat menimbulkan sebuah kerak. Jika kemudian Anda jarang membersihkannya, malah akan berubah menjadi noda berwarwa kekuningan.

Parahnya lagi, lumut pun ikut tumbuh karena kondisi dinding yang lembab. Untuk menghilangkannya, Anda wajib menuangkan air sabun ke atas noda dan menggosokkannya dengan batu apung, lalu bilas dengan air.

Selanjutnya taburkan bubuk kaporit dan diamkan selama 30 menit hingga 1 jam hingga berbuih. Bilas kembali dengan air dan baru disikat menggunakan air sabun. Langkah terakhir, taburkan asam nitrat (bisa dibeli di toko kue) pada keramik yang telah dibasahi, diamkan sampai waktu satu jam. Bilas dengan air dan kemudian lap hingga kering.

Saluran Pembuangan Air


Saluran pembuangan air atau drainase merupakan area yang penting di dalam kamar mandi. Drainase di kamar mandi bisa menjadi tersumbat akibat gumpalan kotoran atau rambut saat Anda mandi.

Untuk menyiasatinya maka Anda perlu menuangkan 50-60mg baking soda ke dalam drainase Anda. Selanjutnya tuangkan juga takaran cuka putih dalam takaran yang sama. Biarkan hingga 15 menit, tuang dengan satu teko air mendidih sertabeberapa gayung air dengan suhu normal.

Tirai


Untuk membedakan antara area kering dan area basah dalam kamar mandi, sebagian besar orang menggunakan tirai sebagai pemisahnya. Namun, tirai yang berada di kamar mandi merupakan tempat yang sempurna untuk kuman berkembang biak.

Untuk membersihkan tirai kamar mandi, maka Anda harus mencucinya dengan air hangat dicampur dengan sabun, minimal dua minggu sekali. Setiap kali Anda mandi, jangan lupa melipat tirai ke arah atas, agar kuman tidak mampu bersarang di kamar mandi.

Kloset


Anda dapat menggunakan campuran air cuka untuk membersihkan kloset. Siram dengan air hangat dan sikat menggunakan campuran air sabun. Anda kemudian harus membilasnya lagi dan mengelapkannya dengan cairan disinfektan pada kloset Anda. Jika kloset Anda mampet, taburkan garam sebesar 1 kg dan diamkan beberapa saat baru kemudian menyiramnya kembali. 

Keran


Keran seringkali disepelekan pembersihannya, padahal benda yang satu ini merupakan tempat keluarnya air di kamar mandi. Anda juga wajib membersihkannya seperti bagian kamar mandi yang lain.

Untuk membersihkannya, Anda bisa mengosokkan cuka putih dengan kapas pada kepala keran. Tinggal diamkan 30 menit hingga 1 jam agar cuka tersebut menjadi larut. Selanjutnya baru dibilas dengan air hangat dan nyalakan keran selama 30 detik hingga 1 menit. Pastikan jika tidak ada air yang ditampung di bak mandi saat membuka keran ini. Karena air ini mengandung kotoran yang melekat pada kepala keran.